Selamat Datang di PDAM Kota Balikpapan

PDAM Kota Balikpapan Terpilih Menjadi Tuan Rumah Kegiatan On The Job Training Buat Pdam – Pdam Di Kalimantan


04 Juli 2018 | Kategori : Artikel

PDAM Kota Balikpapan Terpilih Menjadi Tuan Rumah Kegiatan On The Job Training Buat Pdam – Pdam Di Kalimantan

PDAM Kota Balikpapan menjadi tempat dan pilihan dalam kegiatan Program On The Job Training (OJT), yang diselenggarakan oleh DPP PERPAMSI (Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia), penyelenggaraan kegiatan ini berlangsung kurang lebih hampir satu bulan, dari 2 Juli sampai dengan 27 Juli 2018 dan Program OJT PERPAMSI sudah dilaksanakan ke 14 kalinya dan PDAM Kota Balikpapan menjadi PDAM yang ke 14 melaksanakan kegiatan ini.

PDAM Kota Balikpapan berperan sebagai tuan rumah, Seperti tujuan utama program magang selama satu bulan ini, adalah terdiri dari peserta Pegawai PDAM yang sehat dan PDAM Kecil atau PDAM yang dianggap masih perlu peningkatan kinerja menjadi perusahaan yang sehat.

Di PDAM Kota Balikpapan, kegiatan OJT dibuka langsung oleh Ketua Departemen Diklat Pengurus Pusat PERPAMSI Jakarta, yang kebetulan juga adalah Direktur Utama PDAM Kota Balikpapan, dalam sambutannya berharap agar para peserta OJT dari masing-masing PDAM daerah Kabupaten/Kota dapat mengikuti ritme dan cara kerja yang dilihat dan diajarkan di PDAM tuan rumah, “Semoga betah, ilmunya dapat diserap, sehingga nanti pulang dapat diterapkan di PDAM masing-masing,” ujarnya. Selain itu kegiatan OJT ini juga dihadiri oleh Pengurus Pusat PERPAMSI, Bapak Dwike Riantara selaku Kepala Biro Penyehatan PERPAMSI.

Di samping pemahaman yang bersifat teknis dan disiplin ilmu terhadap keahlian dibidangnya masing-masing, hal lain yang sangat penting dari program OJT adalah terjadinya transfer budaya yang sering disebut etos kerja. “OJT ini penting supaya dapat lebih mengenal budaya kerja, etos kerja di PDAM yang sehat, untuk kemudian diterapkan di PDAM masing-masing. Tentu saja tidak semua bisa langsung diterapkan begitu saja, tetapi harus disesuaikan dengan kondisi PDAM masing-masing,” Imbuhnya.

OJT di PDAM Kota Balikpapan diikuti PDAM dari Provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan Kalimantan Tengah, yakni ada tujuh Perusahaan Daerah Air Minum, diantaranya PDAM Tana Tidung, PDAM Sukamara, PDAM Barito Timur, PDAM Barito Selatan, PDAM Gunung Mas, PDAM Pulang Pisau, PDAM Penajam Pasir Utara.

Jika dilihat kendala bagi PDAM, banyak PDAM kecil yang kesulitan meng-upgrade kualitas SDM-nya karena mahalnya biaya pelatihan. “Untuk itu, PERPAMSI membuat program OJT supaya PDAM kecil tertarik untuk belajar tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak,” Diharapkan, setelah mengikuti OJT ini pengetahuan baik teknis maupun non teknis serta kinerja para peserta dapat meningkat sehingga berkontribusi bagi kemajuan PDAM tempat mereka bernaung. Tak kalah penting, mereka juga dapat membangun jaringan di bidang masing-masing sehingga dapat memudahkan untuk berbagi informasi di kemudian hari.

Kategori Berita

ArtikelPeristiwa

Pengumuman Penting