Selamat Datang di PDAM Kota Balikpapan

Pipa Transmisi KM 8 Kembali Bocor Perbaikan Senin, 50 Persen Pelayanan Air IPAM KM 8 Terganggu


09 Maret 2019 | Kategori : Pengumuman

BALIKPAPAN--Adanya keluhan distribusi air oleh pelanggan PDAM Balikpapan langsung direspon oleh tim teknis dan menemukan terjadinya kebocoran pipa transmisi di titik bocor pada jalur pipa air baku yang berada di dekat kebun warga di bersebelahan dengan Wadul Manggar KM.12. 

Menurut Staf Hubungan Pelanggan, Suryo HP yang berada di lokasi titik bocornya pipa menyebutkan posisi pipa berada di kedalaman 3 meter dari permukaan tanah.

"Akibat dari kerusakan tersebut kapasitas air baku yang dikirim dan diterima dari KM.12 ke Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) KM 8 Batu Ampar terjadi penurunan atau kebocoran air yang hilang sekitar 15 liter/detik, hal ini karena kerusakan pada pipa transmisi air baku adalah pipa diameter 700 mm stell di Lokasi kebon warga KM.12 bersebelahan dengan Waduk Manggar, " jelas Suryo.

Dari Kebocoran tersebut Tim PDAM Kota Balikpapan akan melakukan perbaikan yang direncanakan pada hari Senin, 11 Maret 2019, Jam 10.00 Wita sampai dengan selesai dengan target pekerjaan perbaikan 1 x 24 jam, lebih cepat lebih baik. 

Dengan perbaikan pipa transmisi yang bocor tersebut, 50 persen pelayanan distribusi air bersih bakal terrganggu, yaitu jalur distribusi air yang berasal dari IPAM KM.8 Batu Ampar. 

"Memang dalam beberapa minggu ada pelanggan yang zona distribusi nya dari IPAM KM.8 Batu Ampar mengalami penurunan kuantitas debit air yang cukup dratis, pengaruhnya kepada pelanggan yang tinggal didaerah atas dan daerah jauh dari IPAM Km 8 Batu Ampar, apalagi zona Wilayah distribusi dari IPAM ini, hampir wilayah kontur tanahnya daerah lembah dan perbukitan, yang biasa jam pelayanan 24 Jam, turun kisaran 12 Jam hingga 6 Jam pelayanan distribusi air ke pelanggan,"jelas Suryo. 

PDAM akan mengupayakan pelayanan aliran distribusi air menjadi normal, minimal bisa terus continyu dalam alirannya ke lelanggan, memang tidak bisa dipungkiri, dengan kondisi 80 persen kota Balikpapan dengan kontur tanahnya perbukitan, PDAM mengakui masih adanya pelayanan distribusi air yang belum bisa terlayani selama 24 Jam penuh. 

PDAM selalu menghimbau kepada pelanggan ketika air PDAM mengalir, upayakan untuk selalu menampung cadangan air sebagai persiapan penggunaan kebutuhan dirumah dan bijaksanalah dalam menggunakannya.

Suryo selaku Staf Hubungan Pelanggan atas nama PDAM Kota Balikpapan mengimbau kepada pelanggan untuk mempersiapkan penampungan dirumah, selama air mengalir mohon untuk disimpan atau ditampung dirumah semaksimal mungkin. 

Tak lupa juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar besarnya atas ketidak nyamanan ini, terutama kepada pelanggan yang daerahnya lebih dahulu mengalami tekanan distribusi yang kecil bahkan Tidak mengalir lebih dahulu. 

"Untuk antisipasi PDAM Balikpapan Tetap menerima pemesanan air tangki sesuai antrian dengan dapat menghubungi di nomor telepon/sms ke 0812-2450-5222, atau dapat juga mengunjungi langsung terminal tangki di Jl. MT. Haryono depan Kantor Disdukcapil," pungkas Suryo.

Daerah yang mengalami gangguan Distribusi Air : Produksi IPAM KM. 8 BATU AMPAR : Sepanjang Jalur KM.10 sampai dengan Rapak (Jalan Soekarno Hatta), Jl. MT. Haryono Rumah Sakit Umum, RSS Damai III, Komp.PGRI Damai III, Perum Kopri, Perum PT.HER Mandiri, Komp.Perusda, Komp. Bumi Sepinggan Baru, Komp.PLN Spala, Villa Damai Indah, Perum Depsos Ringroad, sepanjang jalan Syarifuddin Yoes, Perum. Daksa, Sebagian Daerah di Batakan, Perum. WIKA, Sebagian Daun Village, Komp. Pemda BB, Boster AMD sungai Ampal, Perum H.Ruslan Gn.Guntur, Perum.Pelabuhan Gn.Guntur, Gn. SMD Strat I s/d Strat VI, Jl. Patimura, Jl.Kp.Timur, Jl.Wonorejo, Jl. Sumber Rejo, Jl. Kr.Rejo s/d gg.Buntu, Gg.Rohani, KM09 Komp.AD, KM08, Komp. Klaus Reppe, Komp.Bangun Reksa, Perum PDAM, Perum.Graha Indah, Perum Bhumi Nirwana Indah, Perum.Adi Guna Unggul, Perum Mandastana, Perum Batu Ampar Lestari, Perum.Ramayana, Jl.Brantas, Komp.Perumnas, Jl.Telindung, Jl.Padat Karya,Inpres I s/d IV, Perum.Somber, Jl. Gn.Satu, Jl.Gn.Empat, Jl.Gn.Bugis, Asrama Bukit, Sidomulyo, Kp.baru Ujung, Jumpi, Sidodadi, Jl.Borobudur, Kamp.Baru lir, Gn. Polisi, seluruh aliran dari IPAM BATU AMPAR.

Kategori Berita

ArtikelPeristiwa

Pengumuman Penting