Selamat Datang di PDAM Kota Balikpapan

Pelatihan Ahli Muda K3 Konstruksi

28 September 2014

 

 

 

 

 

 

 

Pelatihan dilakukan dengan tujuan agar peserta pelatihan mengerti secara umum Peraturan perundang-undangan K3 di Indonesia dan memahami dan menjelaskan tentang K3 Konstruksi. Secara garis besarnya pelatihan ini dilakukan dengan 2 metode, yaitu pembekalan teori K3 konstruksi dan praktek berupa observasi lapangan yang dituangkan dalam bentuk makalah yang kemudian dipresentasikan dalam seminar.

 

 

 

 

 

 

 

 

Observasi lapangan dimaksudkan untuk mengadakan tinjauan langsung terhadap suatu kegiatan proyek konstruksi, khususnya segala kegiatan yang terkait dan berhubungan dengan K3 setelah peserta pelatihan dibekali dengan teori. Sedangkan tujuan observasi ini sendiri ialah agar peserta mampu menguasai tingkat penerapan teori K3 hingga mampu mengaplikasikan K3 di lapangan. Observasi di lapangan juga dapat berbuah saran-saran atau masukan kepada pihak Kontraktor dari hasil analisa, agar kualitas K3 di area proyek tersebut bisa lebih baik lagi dalam penerapannya.

 

 

 

 

Setelah mengadakan observasi lapangan, peserta mendapatkan hasil berupa data-data kegiatan dan permasalahan lapangan, hasil wawancara, dokumentasi foto dan lain-lain yang berkaitan dengan penerapan K3 pada proyek tersebut, agar memudahkan peserta dalam menyusun makalah yang dipresentasikan dalam sebuah seminar yang diikuti oleh peserta lainnya. (AD/dokJAKA)